Langsung ke konten utama

Tugas membuat paragraf rujukan



               
                Internet merupakan jaringan global komputer dunia, yang sangat besar dan luas. Setiap komputer diseluruh dunia saling terhubung satu sama lainnya dan berisi berbagai macam informasi, mulai dari teks, gambar, suara, video, dan lainnya. Karena saling terhubung satu sama lain maka tentu saja setiap pengguna internet memiliki perilaku yang berbeda-beda. Dalam hal tertentu internet juga harus bermanfaat untuk penggunanya.
(Isdiyanto, 2005) menyatakan “Kondisi yang harus mampu didukung oleh internet tersebut terutama berkaitan dengan strategi pembelajaran yang akan dikembangkan, yang kalau dijabarkan secara sederhana, bisa diartikan sebagai kegiatan komunikasi yang dilakukan untuk mengajak siswa mengerjakan tugas-tugas dan membantu siswa dalam memeperoleh pengetahuan yang dibutuhkan dalam rangka mengerjakan tugas-tugas tersebut”.
              
               Dalam hal ini perkembangan internet sudah sangat melesat. Pengaruh Internet yang sangat besar dalam kehidupan manusia, bisa dikatakan bahwa perkembangan teknologi saat ini lebih cepat jika dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan masyarakat (Novianto, 2013). Terutama di dalam dunia pendidikan tentu saja internet sudah menjadi bagian penting saat ini. Banyaknya sumber informasi di internet menjadikan suatu pembelajaran tidak lah sulit. Para pelajar cukup terkoneksi dengan internet dan mencari sumber informasi secara daring.
               
               Dengan adanya Internet, peserta didik akan lebih tertarik untuk memahami suatu teori atau pengetahuan. Peserta didik lebih mudah untuk menyerap teori atau materi yang disajikan Internet. Teori- teori yang disajikan di Internet sebagian besar tidak monoton seperti teori- teori yang disajikan di dalam buku ajar (Nur Rofikoh ,2013). Dalam hal positif internet memilik banyak manfaat untuk setiap kalangan termasuk pelajar.
               
               Tentu saja hal seperti internet meskipun memiliki banyak pengaruh positif tentu saja ada pengaruh negatifnya. Terutama bahaya  internet untuk kalangan remaja, contoh efek negatifnya adalah timbulnya rasa kecanduan dalam berinternet. (Siti Nurina Hakim & Aliffatullah Alyu RajAlasan,2017) menyimpulkan  “remaja yang mengalami kecanduan internet dikarenakan ia tidak memperoleh kepuasan diri ketika melakukan hubungan sosial secara langsung atau face to face maka dari itu individu tersebut harus bergantung pada komunikasi daring untuk memenuhi kebutuhannya dalam berinteraksi secara sosial”.

                Semakin berkembang nya internet munculah sebuah istilah baru yaitu media sosial. Dimana para penggunanya bisa saling berinteraksi satu sama lain dengan mudah. Meskipun banyak manfaatnya namun efek negatif nya juga besar.  (Suliswidiawati, 2015) menyatakan “kecanduan internet ditandai dengan psikomotorik, kecemasan, dan keinginan kuat untuk terus menerus mengakses internet”.






referensi

Isdiyanto, I. (2005). internet sebagai media pembelajaran. 6.
Novianto, I. (2013). perilaku penggunaan internet dikalangan mahasiswa.
Rofikoh, N. (2013). pengaruh internet terhadap aktifitas pendidikan. http://jurnalilmiahtp2013.blogspot.co.id/2013/12/pengaruh-internet-terhadap-aktifitas.html.
Siti Nurina Hakim&Aliffatullah Alyu Raj. (2017). dampak kecanduan internet pada remaja. 281.
Suliswidiawati, Y. (2015). menggapai hidup bahagia. jakarta: PT elex media komputindo.






 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WAWASAN NUSANTARA

Latar Belakang wawasan nasional suatu bangsa 1. PENGERTIAN WAWASAN NASIONAL SUATU BANGSA  Wawasan Nasional adalah cara pandang suatu bangsa yang telah menegara tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensinya yang serba terhubung (interaksi & interelasi) serta pembangunannya di dalam bernegara di tengah-tengah lingkungannya baik nasional, regional, maupun global.         Suatu negara dan bangsa akan terikat erat apabila ada pemahaman yang mendalam tentang perbedaan dalam negara atau bangsa itu sebagai anugrah, yang pada akhirnya akan memperkaya khasana budaya negara atau bangsa tersebut. Disamping itu, perbedaan ini merupakan satu titik yang sangat rentan terhadap perpecahan jika tidak diberikan pemahaman wawasan nasional dan wawasan nusantara yang tepat bagi bangsa dan negara. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara keanekaragaman (pendapat, kepercayaan, hubungan, dsb) memerlukan suatu perekat agar bangsa yang bersangkutan dapat bersatu guna memelihara keutuhan

TUGAS SOFTSKILL 3

Sasaran implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan nasional   Sebagai cara pandang dan visi nasional Indonesia, Wawasan Nusatitara harus dijadikan arahan, pedoman, acuan, dan tuntunan bagi setiap individu bangsa Indonesia dalam membangun dan memelihara tuntutan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena itu, implementasi atau penerapan Wawasan Nusantara harus tercermin pada pola pikir, pola sikap, dan pola tindak yang senantiasa mendahulukan kepentingan bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia daripada kepentingan pribadi atau kelompok sendiri. Dengan kata lain, Wawasan Nusantara. menjadi pola yang mendasari cara berpikir, bersikap, dan bertindak dalam rangka, menghadapi, menyikapi, atau menangani berbagai permasalahan menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Implementasi Wawasan Nusantara senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh sebagai berikut: 1. Implementasi Wawasan

manajemen kualitas

1. perbuatan mengawasi seluruh aktivitas dan tugas – tugas yang dibutuhkan untuk mempertahankan tingkat unggulan yang diinginkan merupakan pengertian dari             a . manajemen kualitas             b. manajemen biaya             c. manajemen waktu             d. manajemen komunikasi 2. yang termaksud dalam kualitas yang diawasi adalah             a. kualitas perusahaan             b. sumber daya manusia             c. proses             d . semua benar 3. tujuan dari manajemen kualitas adalah             a. agar profit b . untuk menanamkan kesadaran kualitas terhadap seluruh proses da;am sebuah organisasi                         c. untuk menanamkan rasa cinta terhadap perusahaan                         d. agar semanat bekerja 4. sesuatu yang bisa dirasakan, namun susah diartikan dan dioperasionalkan ataupun diukur merupakan pendekatan jenis             a. user based approach             b. manufacturing based approach             c . transcende